Business

Rabu, 17 Oktober 2012

22.00


Tidak dipungkiri Indonesia memang memerlukan adanya inovator-inovator baru untuk kemajuan bangsa, menurut saya inovasi yang harus diperhatikan yaitu pada bidang teknologi, pendidikan dan bisnis, karena tiga hal tersebut sangat berkaitan dan sangat berpengaruh untuk memajukan bangsa Indonesia.

A.      Inovasi dalam bidang Teknologi

Inovasi dalam bidang teknologi sangat diperlukan dijaman sekarang ini karena akan mensejajarkan kita dengan negara-negara yang sudah maju terlebih dahulu, seperti Jepang, Amerika Serikat, China dan negara-negara lain yang terlebih dahulu meninggalkan kita (bangsa Indonesia). Bahkan pada tahun 2010 negara kita sudah tertinggal dari Singapura,Malaysia dan Thailand.

B.      Inovasi dalam bidang Pendidikan

Inovasi dalam bidang pedidikan akan mencerdaskan anak bangsa sebagai sumber daya manusianya, karena sangat disayangkan jika sumber daya manusia kita masih bergantung pada warga negara asing, jika untuk belajar kepada orang asing itu sah-sah saja karena pepatah lama mengatakan kejarlah ilmu sampai ke negeri China. Sudah banyak inovator-inovator lahir di Indonesia namun sebagian ada yang mengabdi di negara lain dan sebagian ada yang kurang berkembang karena tidak adanya sarana dan fasilitas yang memadai, hal tersebut karena kurangnya dukungan penuh dari pemerintah.

 
C.      Inovasi dalam bidang Ekonomi & Bisinis

Inovasi dalam bidang Ekonomi & Bisnis akan mendukung point satu dan dua yaitu bidang teknologi dan bidang pendidikan karena dari tahun ketahun pebisnis di Indonesia semakin berkembang pesat hal ini sangat positif untuk kemajuan bangsa dan dari banyaknya pembisnis ini sebagian pasti akan menginvestorkan untuk program-program pengembangan inovasi dalam bidang teknologi dan pengembangan sumber daya manusia dalam bentuk pendidikan.

Semua ini tidak terlepas peran pemerintah, karena tanpa adanya campur tangan pemerintah inovasi yang tercipta akan berjalan lambat karena kurangnya sarana dan fasilitas, walau sebagian bisa dibantu oleh investor atau pebisnis. Jadi, ciptakan dan kembangkanlah inovasi dalam bidang teknologi dengan sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas dengan didukung pebisnis dan pemerintah, maka akan terwujud Indonesia lebih modern dan mandiri.
 
Menurut saya hal yang harus dilakukan pemerintah adalah mengadakan program khusus untuk mendukung bidang teknologi seperti adanya pemberian subsidi, jadi ketika ada inovator yang akan mengembangkan inovasinya, pemerintahlah yang pertama mendukung hal tersebut dengan diberikannya modal atau fasilitas. Karena dukungan inovasi dalam bidang pendidikan dan bisnis tinggal dikembangkan saja karena sudah ada program pemerintah yang mendukung hal tersebut seperti UKM untuk bidang ekonomi bisnis dan Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk bidang pendidikan.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14.



0 komentar:

Posting Komentar